Kamis, 13 Maret 2008

Danau Linow








Kota Tomohon - Sulawesi Utara - Indonesia
Danau Linow

A. Selayang Pandang
Danau yang memiliki luas sekitar 34 Ha ini unik karena mengandung kadar belerang tinggi dan memiliki warna yang selalu berubah. Hal ini tergantung pada sudut pandang dan pencahayaan danau. Di sekitar danau ini, terdapat satwa endemik berupa burung blibis dan ribuan serangga yang oleh penduduk setempat dinamakan "sayok" atau "komo". Serangga unik yang hidup di air tapi bersayap dan bisa terbang ini menjadi konsumsi penduduk setempat.


Kadang-kadang terdengar kicauan burung-burung kecil dan burung putih besar melintasi danau. Burung-burung dari berbagai spesies dan ukuran ini membangun rumah di sekeliling danau. Selain itu, aneka ragam tumbuh-tumbuhan juga hidup di sana. Ada sebuah tempat berumput hijau di tepi danau yang sangat ideal untuk makan siang tatkala bertamasya bersama keluarga sembari berteduh di bawah pohon dan menikmati hembusan angin yang sejuk.
B. Keistimewaaan
Di samping panorama sekitar danau yang elok, danau ini memiliki ciri khas tersendiri. Danau ini berkadar belerang tinggi, sehingga warna air danau yang muncul selalu berubah-ubah. Ia selalu tampil cantik akibat munculnya warna-warni tadi. Pengunjung akan takjub dengan warna yang berubah tatkala meliriknya dari beragam sudut. Kendati demikian, mesti diingat bahwa pengunjung harus hati-hati dengan kubangan lumpur panas mendidih yang berada di tepi danau.
C. Lokasi
Danau yang ‘menyimpan’ warna-warna indah dan selalu berubah-ubah ini berada di wilayah Minahasa, Sulawesi Utara atau lebih tepatnya masuk teritori Kabupaten Tomohon.
D. Akses
Danau ini bisa dicapai dengan angkutan umum/mikrolet dari terminal bus di kota terdekat, yakni Kota Tomohon. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan berjalan sekitar 700 meter untuk ke Danau Linow.
E. Harga Tiket
Masih dalam proses konfirmasi.
F. Akomodasi dan Fasilitas lainnya
Peminat wisata alam berupa danau Linow, dapat melihat pesona desa Lahendong yang berada di dekat danau. Di sana, anda dapat menyewa penginapan barang satu dua hari.
travelanddiving.multiply.com

Tidak ada komentar: